Minggu, 06 Oktober 2019 - 10:56:07 WIB
Generasi W
Diposting oleh : Mirfano
Kategori: General Issue - Dibaca: 112 kali



 

GENERASI W

 Paling tidak ada 4 generasi ASN di Pemkab Jember saat ini yaitu Generasi W sebutan untuk ASN yg lahir dibawah tahun 1970, Generasi X utk ASN yg lahir antara thn 1970 - 1980 kemudian Generasi Y utk ASN yg lahir pada dekade 1980 - 1990 dan Generasi Z utk ASN yg lahir diatas tahun 1990.

ASN Gen W rata-rata diangkat menjadi PNS pada tahun 90an. Rekrutmen CPNS kala itu masih syarat dengan kolusi dan nepotisme meskipun test tertulis CPNS baru sudah mulai diberlakukan sejak tahun 80an. Di akhir tahun 80an pernah terjadi tragedi meninggalnya para pelamar CPNS karena berdesak-desakan saat mengikuti tes CPNS di stadion GBK Jakarta.

Birokrat Generasi W dihuni oleh para ASN yang usianya mendekati masa pensiun bahkan cukup banyak yg sdh purna tugas. Saat ini Gen W tersebar menduduki jabatan-jabatan strategis eselon ll , lll dan lV bahkan cukup banyak juga yg tidak mendapat kesempatan memperoleh jabatan dan hanya menjadi staf biasa menunggu masa pensiun tiba.

Penghuni Gen W ini sebagian besar sulit berpisah dengan kertas, tidak mudah beradaptasi dengan teknologi, msh berorientasi pada peraturan2 lama, sangat tergantung pada anak buah dan sering kali menceritakan keberhasilan strateginya di masa lalu yg sudah tidak relevan lagi saat ini.

Memang sulit mengharapkan Gen W ini menjadi AGENT OF CHANGE dalam pelayanan publik di Jember saat ini apalagi untuk berperan sebagai DISRUPTER. Tetapi mereka kaya pengalaman , banyak stakeholder dan networking. Ingat kunci keberhasilan survive di industri 4.0 adalah CONNECTED.

Teman2 yg menghuni Gen W jangan marah, karena saya juga penghuni Gen W, yg penting tetap semangat dan memberikan pelayanan publik dengan penuh keikhlasan.

Salam ASN



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

.:: Welcome to Mirfano.com ::.